Budayakan Literasi PPL Klas I SD Muh PK Banyudono Kunjungi Perpusda

Banyudoono. Rabu, 27 September 2023 seluruh Siswa kelas 1 dari SD Muh PK Banyudono yang berjumlah 4 rombel yang berjumlah 97 siswa yaitu kelas 1A, 1B,1C,1D. hari ini melaksanakan Program pembelajaran lapangan (PPL) dengan tema Liteasi Dan Cooking Class’ ke Perpusda dan Pizza Suboli. Panitia dari kegiatan PPL kelas 1 di ketuai oleh Ustadzah Nunik, sekretarisnya adalah ustadzah Ega.

Dengan Serta didampingi oleh ustadzah Ekay ikkah, ustadzah Kirana kami menuju Kegiatan PPL menggunakan BUS.

Ketua panitia menuturkan bahwa Kegiatan ini Bertujuan untuk menumbuhkan semangat Budaya membaca pada siswa, mengenal gedung arsip daerah dan tentunya pembelajaran hakiki di lapangan. semoga anak anak tambah semangat belajarnya setelah kegiatan ini ‘tutur ibu Nunik.

Sementara ibu Ega Menambahkan bahwa Kegiatan PPL dilkaksanakan dengan acara membuat Pizza susu, bertempat di SUBOLI (Pizza susu Boyolali). Kegiatan cooking class yang merupakan salah satu kegiatan sederhana dalam penguatan profil pelajar Pancasila. Penumbuhan profil pelajar Pancasila yang kreatif memerlukan asahan dan pengolahan serangkaian pengalaman yang dijalani melalui pengamatan, merasakan dan melakukan, begitupun sama halnya dengan cooking class membuat pizza susu. Bahwa kita tahu salah satu penghasil susu sapi adalah kabupaten boyolali, oleh karena itu anak-anak dapat memahami bahwa ciri khas dari tempat tinggal meraka ada susu yang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, yaitu salah satunya pizza susu.

Kepala Sekolah SD Muhammadiyah PK Banyudono Mengapresiasi kegiatan cooking class dalam kegiatan PPL kelas 1 juga ada kegiatan mengunjungi perpustakaan daerah (Perpusda) Boyolali yang berpusat di Tengah kota boyolali. Salah satu tujuan PPL kelas 1 ke perpusda untuk meningkatkan literasi pada siswa seja dini seperti memperkenalkan kebiasaan membaca sejak dini. Kebiasaan yang dibangun sejak dini akan membantu siswa menjadi menjadi lebih terbiasa membaca dan memperluas wawasan siswa khususnya dari mulai sejak kelas 1 SD, untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak terhadap buku di era gempuran digitalisasi yaitu HP. Dari kegiatan PPL yang dilakukan siswa-siswi kelas 1 SD MPK Banyudono sangat senang, antusias dan bersemangat dalam melaksanakan seragkaian kegiatan PPL tersebut. Harapanya semoga kedepanya anak-anak bisa menjadi siswa yang memiliki profil Pancasila yang baik serta memiliki kualitas literasi yang baik

Leave a Comment