ALAT PERANG GURU DITENGAH PANDEMI COVID19

Oleh : Pujiono
{Kepala SD Muh PK Banyudono}

Di tengah wabah pandemi covid 19 yang membuat kalang kabut sekitar 200 san negara termasuk Indonesia. Covid19 telah merubah keadaan sosial dan aktivitas masyarakat termasuk guru.

Kebijakan belajar dirumah secara online menjadikan guru untuk lebih intens otak otik dengan HP android dan laptopnya. Pembelajaran yang semula dengan papan tulis dan spidol berubah dengan ketikan dan link /chanel yang telah di desain dan disepakati. berbagai aplikasi di download dari Google class, kinemaster, zoom sampai washapp group. ada guru yang menyikapi dengan enjoy, ada guru yang tertekan stress karena gak bisa , ada yang ngeluh Hp nya lelet bahkan ada yang sampai ber kata bisa njeblok HP Ku.

Inilah keadaan jaman yang ternyata siap atau tidak siap harus dihadapi.Tak berlebihan bila kita sampaikan Bahwa HP android telah menjadi kebutuhan primer bagi yang ingin maju. karena keadaan tak memungkinkan pakai spidol lagi di depan klas. Android telah menjadi alat perang melawan kebodohan bagi guru. mau tidak mau memang harus berusaha bisa dan update selalu kemampuan android. atau diam mati di telan keadaan.

Saatnya merubah pola pikir, bahwa melek tehnologi adalah keharusan bagi guru berkemajuan.

Banyudono, 22 April 2020

Leave a Comment